NEWS

Blog PAPSI ini dibuat sebagai media informasi Alam Pakidualan Sukabumi, menuju Geopark Ciletuh. Society For Nature Conservation.

Sabtu, 07 Desember 2013

Air Terjun dikawasan Geopark Ciletuh

papsi
Curug Cimarinjung, Ciwaru
Dikawasan Geopark Ciletuh terdapat Curug Cimarinjung yang merupakan salah satu keindahan alam yang ada di alam pakidulan Sukabumi, yang terletak di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas. Pemandangan alam yang tersingkap di curug cimarinjung memperlihatkan pemandangan yang sangat eksotis, baik dari segi komposisi batuannya maupun dari segi alamnya.

Dikawasan Geopark Ciletuh inilah, terdapat kelompok bebatuan berumur paling tua di Pulau Jawa. Keberadaan taman bumi (geopark) menjadikan daerah ini sangat unik dan langka secara geologi. Geopark Ciletuh ini memiliki karakteristik yang khas, unik, sekaligus langka. Kawasan ini memperlihatkan dua penggalan kerak bumi yang berbeda sifatnya karena tersusun dari batuan yang berasal dari lempeng samudera dan lempeng benua. Selain di tempat ini, masih ada dua tempat serupa di Pulau Jawa. Yakni di Karangsambung, Kebumen yang telah diresmikan sebagai cagar alam geologi serta di Bayat, Klaten, Jawa Tengah. (www.inilahkoran.com)

Curug Cimarinjung merupakan wisata alam yang wajib dikunjungi, karena Curug Cimarinjung memiliki pemandangan yang sangat eksotis dengan keindahan alam yang dimilikinya. Selain itu, dari segi komposisi batuannya Air terjun Cimarinjung bisa menjadi tujuan aktivitas panjat tebing.

Lokasi Curug Cimarinjung berada di perbatasan Desa Ciwaru dan Desa Ciemas Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Propinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Kontur jalan yang naik turun, menikung, ditambah sempitnya jalan dan kerusakan di sejumlah titik, membuat waktu tempuh dari Kota Sukabumi ke Curug Cimarinjung dapat dicapai sekitar enam jam.
 
Share this article :

2 komentar:

  1. Sudah pernah ke Curug Cimarinjung, pakai Grand Cherokee. Tapi saya pilih rute dari kampung Tjiateul, bukan dari Ciwaru. Rutenya lebih menantang dan butuh ekstra hati-hati di turunan jalan tanah mendekati curug. Full offroad dan pemandangan teluk luar biasa. Awal April ini rencana mau ke sana lagi, berkunjung ke curug yang lain.

    BalasHapus